Home / Teknologi / Gadget / Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasi Bootloop
Cara Mengatasi Bootloop Android
Cara Mengatasi Bootloop Android

Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasi Bootloop

Ponsel Android sering mati atau restart sendiri? Mungkin Android Anda mengalami yang dinamakan bootloop. Android Bootloop ini merupakan permaslahan yang dialami oleh hampir sebagian besar gadget yang berbasis sistem operasi Android baik itu smartphone maupun tablet.

Bootloop adalah suatu keadaan dimana system android tidak dapat melakukan booting atau start-up sehingga tidak dapat mengakses menu utama yang terjadi terus menerus sehingga perangkat android tidak bisa digunakan. Secara sederhananya, bootloop adalah ketika gadget android mengalami restart sendiri secara terus menerus.

Lalu bagaimana cara mengatasi bootloop atau android yang restart sendiri secara terus menerus? Cara mengatasi bootloop pada setiap Android tidaklah sama, karena bootloop ini sendiri memiliki penyebab yang berbeda-beda dan juga cara penanganan yang berbeda pula. Sangat penting untuk pertama mengetahui penyebab bootloop tersebut, untuk kemudian mengetahui cara yang paling tepat dan benar untuk mengatasi bootloop dari penyebab tersebut.

Bootloop sendiri memiliki beberapa jenis atau tingkatan. Lebih tepatnya adalah tiga tingkatan kerusakan bootloop. Berikut 3 jenis bootloop yang ada di Android:

1. Android Soft Bootloop

Soft Bootloop merupakan tingkatan pertama pada kerusakan android bootloop. Soft Bootloop adalah bootloop yang cukup mudah untuk diatasi. Hal ini biasa terjadi dikarenakan ada kesalahan saat kita kita menginstall aplikasi ataupun game. Kesalahan dalam menginstall aplikasi atau game tersebut bisa membuat perangkat android kita melakukan restart secara tiba-tiba dan secara terus menerus, dan  terjadi soft bootloop ini.

Cara mengatasi soft bootloop:

Untuk mengatasi permasalahan soft bootloop atau bootloop ringan ini cukup mudah, biasanya cukup dengan cara mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi cara ini cukup sulit jika perangkat android menggunakan baterai non-removable. Jika demikian, mungkin Anda dapat mengatasinya dengan cara yang sama untuk mengatasi bootloop pada tingkat kedua di bawah ini.

2. Android Medium Bootloop

Sistem operasi Android besutan Google ini memberikan peluang kepada para pengguna untuk memodifikasi sistem opresi ini. Dan hal ini bisa saja mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sistem operasi android saat kita mencoba memodifikasinya. Medium Bootloop adalah bootloop yang biasa terjadi ketika pengguna mencoba untuk memodifikasi atau mengoprek sistem Android. Bootloop yang terjadi pada tingkat ini masih bisa diselamatkan, karena setidaknya masih bisa masuk ke dalam recovery mode.

Cara mengatasi Medium Bootloop:

Untuk mengatasi bootloop tingkat medium ini kita membutuhkan perangkat komputer atau PC berbasis windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original ataupun CWM. Cara ini bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, untuk yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.

3. Android Hard Bootloop

Hard Bootloop adalah bootloop tingkat akhir. Android Hard Bootloop ini biasanya terjadi akibat adanya modifikasi file Android, sehingga terjadi ketidak seimbangan dan merusak file sistem Android. Hal ini biasanya terjadi akibat kita melakukan rooting dan mengubah script seperti font, partisi memori, menghapus aplikasi original, salah instal custom rom, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi Hard Bootloop:

Untuk memperbaiki android yang mengalami hard bootloop, Anda memerlukan perangat komputer dan juga software tambahan yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda. Cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android Anda.

Cara mengatasi bootloop Android ini sebenarnya bergantung dengan tipe chipset yang digunakan oleh smartphone Android Anda dan juga tingkat bootloop yang dialami oleh Android Anda. Untuk itu, jika Anda melakukan pencarian di google tentang cara mengatasi bootloop, jangan lupa untuk memastikan bahwa cara memperbaiki bootloop tersebut dapat bekerja untuk perangkat Anda. Biasanya pada setiap artikel cara memperbaiki android yang bootloop akan disertakan juga model gadgetnya.

Facebook Comments

About Hartanto

Check Also

Cara Transaksi Bitcoin ke Paypal

Cara Tukar atau Transfer Bitcoin ke Dollar Paypal

Bitcoin sekarang menjelma menjadi mata uang elektronik yang begitu diminati oleh banyak orang. Potensi keuntungan …