Home / Berita / 5 Tips Hemat Bahan Bakar Sepeda Motor
Tips Hemat Bahan Bakar Sepeda Motor
Tips Hemat Bahan Bakar Sepeda Motor

5 Tips Hemat Bahan Bakar Sepeda Motor

BBM atau bahan bakar minyak semakin lama semakin tinggi harganya, tentu hal ini perlu disiasati agar pengeluaran Anda tidak membengkak. Salah satu caranya adalah dengan menghemat penggunaan BBM.

Memiliki sepeda motor yang hemat bahan bakar tentu menjadi dambaan hampir setiap orang. Hampir semua produsen motor mengklaim produknya hemat bahan bakar. Namun apabila cara berkendaranya asal-asalan, maka tidak menutup kemungkinan bahan bakar cepat habis juga.

Sebagaimana dilansir Queenrides, pemilik Ultraspeed Racing Freddy Gautama menjabarkan beberapa tips untuk menghemat bahan bakar. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM atau bahan bakar sepeda motor? Disini setidaknya ada 5 cara yang perlu diketahui supaya motor menjadi lebih irit bahan bakar.

Rencanakan Perjalanan

Sebelum menempuh perjalanan, rencanakan dulu jalur-jalur yang hendak dilalui. Semisal untuk kota semacet Jakarta, pilih jalur alternatif untuk menghindari macet. Lebih baik pilih jalan yang agak jauh tetapi lancar, daripada harus macet-macetan yang justru bisa lebih banyak menghabiskan bensin.

Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Masih banyak yang melakukan ritual memanaskan mesin sebelum berkendara, terutama bagi pemilik motor lawas. Hal itu sah-sah saja, asalkan jangan terlalu lama. Panaskan mesin cukup 3–5 menit saja, itu sudah cukup untuk membuat oli bersikulasi ke semua bagian mesin motor.

Jangan ‘Main Gas’

Saat riding, jaga agar motor berada dalam putaran mesin yang konstan agar bensin yang dikonsumsi juga stabil. Sering melakukan stop and go atau buka tutup gas memang tidak bisa dihindari saat macet, tapi bisa dilakukan dengan halus. Kurangi kebiasaan ‘main gas’ kalau mau bensin lebih hemat.

Jangan Biarkan Ban Kempis

Ban kempis juga berhubungan dengan bensin. Tekanan angin yang kurang juga dapat menyedot bahan bakar yang lebih banyak dari seharusnya.

Saat kempes, tapak ban yang menempel di tanah jadi lebih banyak sehingga menimbulkan tahanan lebih besar pula di gerakan. Otomatis, daya atau tenaga yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar.


Matikan Mesin saat Berhenti

Untuk motor yang belum menggunakan teknologi Idling Stop System (ISS), sebaiknya matikan mesin motor ketika berhenti sebentar di lampu merah atau mengantre di pom bensin. Tujuannya, tentu agar bahan bakar tak terbuang percuma.

Facebook Comments

About Hartanto

Check Also

Verratti

Verratti, Juve atau Barca?

Barcelona dan Juventus mendapat kabar baik dalam perburuan gelandang Paris Saint Germain Marco Verratti. Pemain …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *