Home / Gaya Hidup / Tips Trik Membuat Film dengan Kamera DSLR

Tips Trik Membuat Film dengan Kamera DSLR

Dunia periflman saat ini memang sedang berkembang sangat pesat, hal ini bisa dilihat dari cukup begitu banyaknya kompetisi-kompetisi film pendek di Indonesia bahkan dunia. Karena masih dalam kompetisi, para peserta kompetisi film pendek ini biasanya menggunakan peralatan-peralatan yang seadanya dalam memproduksi film mereka.

Sebagian besar peserta kompetisi film tersebut, atau mungkin termasuk kita, biasanya menggunakan camcorder kelas pro atau handycam untuk merekam video atau membuat sebuah film. Tapi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat akhir-akhir ini, sekarang kita dapat memproduksi film lewat kamera Digital Single Lens Reflex atau kamera DSLR. Dan yang menarik, hasil rekaman dengan kamera DSLR ini juga tidak kalah jika disandingkan dengan perlengkapan yang memang dikhususkan untuk pembuatan video.

Bagi Anda yang tertarik atau mungkin baru pertama kali membuat film pendek atau dokumenter dengan kamera DSLR, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dan diperthatikan dalam membuat film atau video menggunakan kamera DSLR. Apa saja? Kita akan coba membahasnya dengan ahlinya.

Marketing Assistant Manager Nikon Indonesia, Danu Sagoro, memaparkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat video menggunakan kamera DSLR, Danu Sagoro mengatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah, pastikan bahwa kamera DSLR yang Anda gunakan untuk membuat video tersebut telah mendukung video full high definition (HD). Resolusinya antara lain 1920 x 1080 60p, 40p, dan 24p. Plus format 4K.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa maksimum waktu perekaman video paling lama dalam menggunakan kamera DSLR adalah 30 menit pada kondisi suasana normal. Ini berlaku untuk semua kamera. Jadi perekaman video menggunakan kamera DSLR ini memang dikhususkan untuk pembuatan film-film pendek. Namun jika pengambilan video dilakukan dalam kondisi panas, hal ini akan mengurangi lama waktu pengambilan video dengan menggunakan kamera DSLR ini.

“Jika video diambil dalam kondisi panas, ini akan membuat sensor menjadi panas juga. Akibatnya, kamera akan menghentikan perekaman video secara otomatis,” ujar Danu.

Baca Juga:

Ilmuwan Muslim Penemu Teori Dasar Kamera

Menurut Danu, semua kamera DSLR dari Nikon kompatibel untuk pengambilan video atau pembuatan film. Namun untuk para profesional, ada beberapa model kamera DSLR menjadi rekomendasi untuk pembuatan film pendek ini. Berikut adalah daftarnya:

  1. Nikon D7200-Full HD video
  2. Nikon D500-Full HD + 4K video
  3. Nikon D750-Full Frame Full HD Video
  4. Nikon D810-Full Frame Full HD Video
  5. Nikon D5-Full Frame Full HD Video + 4K
Tips trik cara membuat film dengan kamera DSLR
Tips trik cara membuat film dengan kamera DSLR

Jika dibandingkan mirrorless dan kamera poket, Danu menyebutkan bahwa kamera DSLR tetap unggul dalam pembuatan video, karena memiliki ruangan yang cukup di sekitar sensornya. Ini membuat sensor dan prosesor tidak mudah panas saat melakukan pengambilan video berjalan.

Salah satu sinematografer Gelar Sumantri, mengungkap sejumlah keunggulan penggunaan kamera DSLR untuk memproduksi film.

“DSLR dapat digunakan untuk membuat film karena kamera ini lebih mudah untuk dimodifikasi, baik dari sisi tambah atau tukar lensa,” ujarnya.

Selain itu, kelebihan lain kamera DSLR dalam pemembuatan film atau video adalah dapat menentukan ketajaman. Kita dapat mengaturnya secara manual. Kamera DSLR juga lebih mudah digenggam. Namun keunggulan utama DSLR terletak pada proses dan hasil produksinya.

“Kita bisa menghemat waktu proses, mulai dari pengambilan gambar, transfer, hingga editing,” ungkapnya.

Jika dibandingkan dengan penggunaan camcorder kelas pro atau handycam, proses editing sebuah film menjadi lebih ringkas. Sebab, mereka tidak harus mentransfer sebuah kaset dan mengubahnya ke dalam format digital.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat film menggunakan kamera DSLR? Tidak ada salahnya Anda coba, dan gunakan Youtube untuk mendokumentasikan karya-karya Anda. Selain bisa menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Facebook Comments

About Hartanto

Check Also

Bisnis Investasi

Bisnis Investasi Barang Koleksi

Investasi adalah salah satu cara efektif untuk menghasilkan penghasilan tambahan, seperti kata orang sekarang ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *